Kenali Proses Pengecoran Logam di Hitamaprah

Proses Pengecoran Logam di Hitamaprah

Kenali Proses Pengecoran Logam di Hitamaprah

Kenali Proses Pengecoran Logam di Hitamaprah 900 600 Tim Hitamaprah

Pengecoran logam merupakan suatu proses manufaktur yang menggunakan material logam cair dan mencetaknya ke dalam bentuk yang diinginkan. Proses ini memungkinkan untuk menghasilkan produk-produk dengan nilai guna yang tinggi dan desain yang bervariasi. Kami, Hita Maprah ArkatamaHitamaprah.co.id sebagai perusahaan/ produsen produk-produk logam coran terdepan di Indonesia. Menerapkan sistem kerja yang profesional demi menghasilkan produk-produk coran terbaik bagi para pelanggan. Termasuk dengan cara menggunakan prosedur produksi pengecoran logam yang telah memenuhi aturan yang berlaku. Lantas, seperti apa alur/ tahapan proses pengecoran logam di hitamaprah.co.id? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut ini

Desain gambar

Proses produksi diawali dengan pembuatan desain produk sesuai dengan material, dimensi, dan motif yang telah didiskusikan dan disepakati oleh pemesan. Proses ini dilakukan oleh tim handal kami yang berpengalaman serta memiliki keahlian tinggi dalam menggunakan software aplikasi desain 2D maupun 3D.

Pembuatan pola dan inti cetakan

Pola/ pattern dibuat berdasarkan hasil drawing yang kemudian digunakan untuk membuat cetakan. Pada umumnya, cetakan ini dibuat dengan cara memadatkan pasir. Baik itu pasir alam maupun pasir buatan yang mengandung tanah liat (lempung). Dibuatnya pola ini berfungsi sebagai media untuk membuat rongga cetak pada cetakan sehingga kedalamannya dapat diisikan logam cair nantinya. Sedangkan pada bagian inti, biasanya menggunakan cetakan berbahan logam. Hal ini bertujuan untuk membantu menghasilkan bentuk desain atau motif pada media cetak yang tidak dapat/ sulit dibentuk oleh cetakan pasir.

Peleburan bahan baku

Peleburan merupakan suatu proses mencairkan bahan baku logam untuk menghasilkan logam cair. Dalam prosesnya digunakan tanur atau tungku pelebur yang dibakar dengan tingkat panas yang sangat tinggi. Yaitu pada suhu 1300 derajat C sampai 1500 derajat C untuk membuat bahan baku besi meleleh.

Penuangan logam cair

Setelah bahan baku dilebur, kemudian cairan logam dimasukkan kedalam cetakan dengan cara dituangkan. Penuangan logam cair ini dilakukan sedekat, secepat, dan sehalus mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pembongkaran

Logam cair yang telah dituangkan kedalam cetakan, dalam jangka waktu tertentu akan mengeras atau mengalami pembekuan. Jika logam cair telah membeku, maka proses selanjutnya adalah membongkar/ memisahkan benda coran dari cetakannya.

Finishing atau fettling (pengerjaan lanjutan)

Dalam proses ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan. Mulai dari membersihkan logam coran dengan disemprot cairan khusus agar hasilnya terlihat bagus. Kemudian menghaluskan permukaan dengan cara digerinda hingga proses pengecatan.

Quality control

Pada tiap-tiap tahapan proses yang telah kami sebutkan diatas, selalu kami terapkan sistem QC (quality control) yang ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap proses produksinya benar-benar sesuai dengan standar dan terjaga kualitasnya dari awal hingga akhir.

Itulah penjelasan secara singkat proses pengecoran logam di Hitamaprah.co.id. Setiap tahapan proses tersebut ditangani oleh tim kami yang ahli dibidangnya masing-masing. Selain itu, kami juga telah ditunjang dengan penggunaan teknologi unggul dan terbaru. Sehingga, anda tak perlu ragu untuk mempercayakan segala kebutuhan produk logam coran anda kepada kami.